[Curhatan] Say No To Cigarette for Children

aku sangat terkejut ketika aku menemukan anak usia 5 tahun mengisap rokok dan hari ini aku melihat seorang anak berusia dibawah 10 tahun merokok dan sepertinya sudah terbiasa dengan hal tersebut.

aku tidak akan pernah menyalahkan anak tersebut untuk merokok karena mereka tidak tahu apa-apa, seperti dampak negative yang akan mereka terima jika mereka tetap merokok walau usia mereka masih kecil. Aku tidak menyalahkan environment anak-anak tersebut  karena yang mereka tahu, anak itu mau, jika tidak diberikan akan menangis dan itu cukup disgusting bagi orang yang telah dewasa dan menginginkan ketenangan. tapi orang dewasa yang cukup tahu tentang hal itu tidak hanya melarang dengan berkata-kata saja tapi juga tidak memberi rokok pada anak-anak.

Beberapa kejadian seperti anak kecil di palembang yang menjadi rokok addicted karena environment nya melakukan hal seperti itu. orang tua tidak juga akan aku salahkan disini tapi memang mereka bisa disalahkan juga dalam hal ini , karena jamn sekarang dimana harga emas mahal, sandang pangan yang harus dipenuhi, kredit motor/mobil’ sekolah atau les yang membuat sakit kepala ataupun keinginan anak yang ingin hp bb atau iphone menuntut orang tua (dua-duanya) untuk berkerja semampunya agar bisa mendapatkan semuanyadan menghabiskan waktu mereka untuk berkerja agar semuanya terpenuhi dan akibat dari itu anakupun terbengkalai. karena tidak diperhatikan oleh orang tua mereka so mereka menghabiskan waktu bermain diluar. anak akan terbengkalai tidak hanya karena kedua orang tua berkerja tapi juga sang ibu yang mempunyai banyak anak dan sibuk mengurus yang kecil dan yang tetua tidak mendapat perhatian yang cukup dan lari ke rokok.

penjual rokok juga aku salahkan disini karena mereka sering menjual rokok kepada anak-anak terutama anak-anak smp atau sma yang belum cukup 18+ dan lebih parahnya mereka meletakan stiker 18+ tapi tetap menjualnya kepada anak-anak smp/sma hanya untuk meraup untung.

anak kecil memang sering menangis ketika dia meminta sesuatu tapi jika dia meminta rokok. membuang puntung rokok yang telah di pakai di pekarangan atau tempat bermain juga berbahaya, sewaktu aku kecil, aku sering menemukan puntung rokok di halaman rumah dan bersama teman laki-laki ku mencoba rokok itu tapi anak-anak tetap lah anak-anak yang selalu ingin tahu dengan sesuatu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

