[Recipe] Tekwan

Tekwan adalah makanan khas Palembang atau sumatera bagian selatan. Makanan ini terbuat dari Ikan Laut segar seperti Ikan Tenggiri. Nah, gw suka banget nih sama makanan satu ini sejak gw pindah ke belitung, Gw pindah ke belitung sejak kelas 3 SD and karena disana adalah pulau, pulaunya ga kecil-kecil amat lah, kalau naek pesawat dari palembang butuh waktu kurang dari 1 jam, kalau lewat laut, musti singgah dulu ke pulau bangka yang kalau gunain kapan besar pengangkut kendaraan butuh waktu selama 7-16 jam menuju muntok atau speedboat butuh waktu 3 1/2 jam, bangka trus perjalanan daratnya butuh bantu 3 jam lebih dari muntok ke pasir garam pangkal pinang, nah dari pasir garam itu kita naik speedboat dan butuh waktu lebih dari 4 jam, trus nih dari bangka ke belitung, kita harus lewat selat gaspar yang ombaknya besar, kalau duduk didepan pasti dijamin mabuk, untungnya fisik gw kuat so ga mabuk tapi babysister gw yang mabuk wkwkwkwk. (ceritanya gw ke belitung dari palembang sama temen bontok wkwk)

nah makanan ini berkuah lho, karena golongan darah B itu suka makanan yang berkuah-kuah maka gw suka makan tekwan. Jujur gw suka tekwan bikinan nyokap coz pentolnya lebih banyak, trus bumbu tambhannya juga banyak dan gw bisa ngabisin lebih dari 7 piring tekwan sehari wkwkwk~~ saat pindah ke bangka lagi, tekwan menjadi makanan mingguan gw, kalau ada ikan kadang emak bikin tekwan atau pempek and kebetulan tetangga kami jago membuat pempek yang enak~~ bagi gw bangka dan belitung adalah surga  makanan favorit, pas belum pundah ke bangka, gw nih ga suka sama ikan pas coba pempek sama tekwan ~~ i love it

ini bahan-bahan tekwan

Bahan:1 kg ikan tenggiri
500 gr tepung kanji
5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt merica bubuk
2 butir telur
2 sdt garam
bumbu penyedap, secukupnya

Kuah:

5 siung bawang putih, haluskan
100 gr ebi, rendam, haluskan
250 gr udang kupas, cincang
50 gr sedap malam, rendam, ikat simpul
2 sdm seledri cincang
2 buah bengkuang ukuran sedang, iris korek api
1 sdt merica bubuk

Cara Membuat:

  1. Pisahkan daging ikan dari tulangnya, lalu keruk dagingnya dengan sendok/garpu
  2. Haluskan daging ikan, lalu campur dengan tepung kanji, bawang putih, merica, telur, dan garam.
  3. Campur rata dan uleni sampai halus
  4. Dengan menggunakan 2 sendok teh, bulatkan adonan ikan yang langsung dimasukkan ke dalam air mendidih.
  5. Jika adonan sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  6. Untuk kaldunya, tambahkan air panas ke dalam air bekas membuat adonan ikan menjadi sebanyak 2 liter
  7. Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan ebi, udang, dan bumbu penyedap.
  8. Aduk sampai udang berubah warna. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu
  9. Masukkan sedap malam, seledri, bengkuang, dan merica. Masak sampai seluruh bahan matang, lalu masukkan tekwan
  10. Masak sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas dengan ditaburi bawang goreng dan sambal botol

Catatan: katanya orang Palembang sih (gua maksudnya), sebenernya cuman potong2 pempek, trus ya dikuahin pake bumbu macem2.
Nggak pake bengkuang juga nggak apa2 kok

Versi Lain Tekwan:Bahan Kaldu:

1 1/2 liter air untuk merebus
250 gr udang segar, kupas kulit dan kepalanya, cuci bersih, cincang halus
3 sdt kaldu dadu bubuk
2 sdm ebi, cincang kasar

Tekwan:

250 gr daging ikan tenggiri
50 ml putih telur ayam
125 ml air
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
250 gr tepung kanji
1 L air untuk merebus
3 sdm minyak untuk menumis
6 siung bawang putih, haluskan
25 gr jamur kuping, rendam air panas hingga lunak, tiriskan, iris kasar
50 gr bunga sedap malam, rendam air panas, tiriskan, dan simpulkan
150 gr bengkuang, kupas, iris bentuk korek api
2 batang daun bawang, ambil bagian yang putih, iris halus

Taburan:

2 sdm bawang putih goreng
2 batang seledri, iris kasar

Pelengkap:

sambal cabai rawit merah

Cara Membuat:

  1. Kaldu: Didihkan air, rebus kulit udang dan kepala udang, kaldu bubuk serta ebi cincang hingga mendidih.
    Angkat, saring kaldunya, sisihkan
  2. Tekwan: Keruk daging ikan dengan sendok dan giling hingga halus.
    Campur ikan bersama udang cincang, putih telur, air, merica dan garam, aduk rata
  3. Tambahkan kanji, aduk kembali hingga rata. Uleni adonan hingga licin dan kalis. Sisihkan
  4. Didihkan air dalam panci. Bentuk tekwan agak memanjang dengan bantuan 2 sendok teh.
    Masukkan ke dalam air mendidih. Masak hingga terapung. Lakukan hingga adonan habis. Angkat, tiriskan
  5. Saring air perebus tekwan, didihkan kembali bersama kaldu udang hingga menjadi 1 1/2 liter. Sisihkan
  6. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu. Tuangkan ke dalam kaldu mendidih.
  7. Masukkan tekwan, jamur kuping, bunga sedap malam dan bengkuang.
  8. Didihkan sekali lagi. Taburi daun bawang, angkat
  9. Taburi bawang putih goreng dan irisan daun seledri
  10. Sajikan hangat dengan sambal cabai rawit merah

http://cest-ma-maison.net/recipe/resep50.html

tambahan dari gw, sebenarnya di kuahnya ada tambahan kuping gajah, karena kuping gajah sama bunga sedap malam susah dicari and harganya mahal, kadang bahan-bahan tersebut ditiadakan atau dikurangi takarannya~~

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: